FOOD – Beauty and Many Things by Rxyzcha http://rxyzcha.com Tue, 03 Apr 2018 03:58:40 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.5 https://i1.wp.com/rxyzcha.com/wp-content/uploads/2016/04/cropped-makeup-clipart-7Tak56ETA.png?fit=32%2C32 FOOD – Beauty and Many Things by Rxyzcha http://rxyzcha.com 32 32 123574769 Tengkleng Mbak Diah http://rxyzcha.com/2015/07/22/tengkleng-mbak-dia/ http://rxyzcha.com/2015/07/22/tengkleng-mbak-dia/#respond Wed, 22 Jul 2015 17:23:00 +0000 http://rxyzcha.com/2015/07/22/tengkleng-mbak-dia/

Dulu saya enggak terlalu suka sama olahan daging kambing. Baunya itu lho tajem banget. Istilahnya kalau dalam bahasa jawa adalah prengus. Jangankan makan, nyium baunya aja dah bikin mual. Tapi kemudian saya dikasih tau oleh teman kalau mengolah daging kambingnya benar, bau prengus itu tidak akan tercium. Dan ternyata memang benar, ada beberapa tempat makan yang menyediakan sajian kambing enak. Bau khas kambing sama sekali enggak tercium. Salah satu tempat makan yang menyediakan olahan kambing yang enak adalah Warung Tengkleng Mbak Diah di Solo. Tiap pergi ke Solo saya pasti mampir ke tempat ini. Memang banyak sih warung dan tempat makan yang jual tengkleng di Solo, tapi di sini tengklengnya lebih enak. Tempat makan ini memang terkenal di seantero Solo. Meskipun tulisannya tengkleng tapi sebenernya tempat makan ini juga menjual beberapa olahan kambing lainnya seperti sate, tongseng dan sate lilit.


Maap fotonya kacau, mangkuk kotornya ikut kefoto 🙁

Di tempat makan ini favorit saya adalah tengklengnya. Bumbu kuahnya terasa banget tapi tetep ringan di mulut. Engga perlu khawatir bakal ngerasa eneg. Kuahnya bener-bener gurih dan segar serta ada sedikit rasa pedas. Engga manis seperti pada masakan Jawa Tengah pada umumnya (saya enggak suka taste makanan yang manis macam gudeg).

Daging tengkleng di Warung Mbak Diah ini empuk banget gak ketulungan. Bumbunya juga meresap sampe bagian dalam daging. Kesimpulannya tengkleng di sini cuma bisa diwakili sama dua kata, enak banget! 😀

Tapiiii kalau kesana pas hari libur harus siap mental ya. Harus sabar nunggu giliran dilayani. Hari-hari biasa aja dah rame banget apalagi kalau waktu liburan. Ramenya tuh pake buuangetttt. Kalaupun bisanya kesana pas liburan kayak saya, mending jangan dateng pas perut bener-bener lapar dan keroncongan. Ntar kalo kelamaan nunggu malah semaput lho. ^^

Warung Mbak Diah
Jalan Tanjung Anom, Kwarasan, Sukoharjo
(0271) 644069, (0271) 622813
NOTE : kalau masih ribet nyari tanya-tanya aja sama orang, 
pasti mereka tau kok

]]>
http://rxyzcha.com/2015/07/22/tengkleng-mbak-dia/feed/ 0 195
Ayam Goreng Jawa ‘Mbah Cemplung’ http://rxyzcha.com/2015/07/22/ayam-goreng-jawa-mbah-cemplung-2/ http://rxyzcha.com/2015/07/22/ayam-goreng-jawa-mbah-cemplung-2/#comments Wed, 22 Jul 2015 08:23:00 +0000 http://rxyzcha.com/2015/07/22/ayam-goreng-jawa-mbah-cemplung-2/

Yang namanya liburan itu emang engga bisa lepas dari wisata kuliner ya. Engga afdol rasanya kalo enggak mengunjungi tempat makan yang cukup heits. Makanya waktu saya liburan ke Jogja kemarin saya mampir ke tempat makan yang namanya Ayam Goreng ‘Mbah Cemplung’. Saya sudah tiga kali datang ke tempat ini. Terakhir sekitar dua tahun lalu dan sekarang ini tempat makannya jauh lebih besar.  Begitu pula dengan tempat parkirnya, bisa menampung lebih dari 60 mobil. Tapi jujur saja sampai saat ini saya masih engga paham kenapa dikasih nama ‘Cemplung’. Apa itu nama panggilan si mbah yang punya resep ya, atau mungkin karena di daerah situ banyak ayam yang kecemplung (tercebur)?  Emang saya juga engga nanya sih ke penjualnya soalnya tempat ini selalu ruwameee. Para pelayannya sibuk banget mondar-mandir melayani pembeli. Sayapun juga asik ngeliatin sekeliling sambil nyium-nyium aroma ayam goreng yang semerbak, jadinya ya lupa nanya deh 😀  Ya wes lah engga usah dipikir. Kita bahas makanannya aja yukk.

Di tempat ini menu yang tersedia hanya ayam goreng. Kalaupun mau nambah lauk adanya cuma tahu, tempe atau tumis kangkung. Tapi jangan kuwatir, di tempat ini ayam gorengnya enak jadi pas makan engga bakal kepikiran lauk yang lain lagi. Jadi cukup konsentrasi ke ayam gorengnya aja 😀   

Jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung, tapi kalau saya lihat ayam kampungya itu gede. Lebih gede daripada ayam kampung yang biasa dijual di pasar atau supermarket di kota saya. Selain itu ayam goreng ini empuk banget dan bumbunya meresap sampai ke tulang-tulangnya. Biasanya tulangnya suka saya isep-isep buat menikmati bumbunya 😀 Menurut saya bumbunya itu pas, ya asinnya ya manisnya ya gurihnya, enak lah. 
Kalau makan ayam goreng ini saya paling suka pakai sambal hijaunya. Sambal ini adalah campuran dari cabai hijau, cabai rawit dan bawang. Pedes bingit dah nih sambal tapi rasanya enak 😀 

Sambal cabai hijau

Setelah bahas makanan mari kita beralih ke minuman. Minuman yang saya pesan adalah Wedang Uwuh. Ini adalah minuman tradisional jawa yang terdiri dari campuran beberapa rempah seperti cengkeh, jahe, kayu manis, daun salam, jahe dan gula. Semua rempah tersebut ditaruh di cangkir lalu diseduh dengan air panas. Kalau minum ini rasa angetnya bertahan sampe ke perut. Cuma berhubung saya engga terlalu suka cengkeh saya agak terganggu sama rasa cengkehnya yang cukup mencolok. Besok-besok kalau pesen ini lagi kayaknya saya minta engga pakai cengkeh aja deh. 
Tempat makan ini selalu ramai apalagi kalau musim liburan. Saya datang sekitar jam sebelas siang dan masih beruntung bisa memesan ayam satu ekor sekaligus. Sekitar tiga puluh menit kemudian saya mendengar bahwa sudah tidak bisa lagi memesan satu ekor ayam, hanya bisa pesan yang sudah dipotong-potong itupun tidak bisa memilih paha atau dada. Tapi sebenernya rasanya ya sama aja  kok cuma bentuk aja yang berbeda. Kalau ayam utuh kan kesannya mantap gitu kalau difoto 😀 Buat yang berkunjung ke Jogja tempat makan ini boleh banget dicoba. Cuma ya itu tadi harus sabar deh soalnya rame banget. 
Ayam Goreng Mbah Cemplung
Sendang Semanggi, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul 
(0274) 9261977

]]>
http://rxyzcha.com/2015/07/22/ayam-goreng-jawa-mbah-cemplung-2/feed/ 1 196
Angkringan Kapok Lombok http://rxyzcha.com/2015/06/30/angkringan-kapok-lombok-2/ http://rxyzcha.com/2015/06/30/angkringan-kapok-lombok-2/#respond Tue, 30 Jun 2015 02:48:00 +0000 http://rxyzcha.com/2015/06/30/angkringan-kapok-lombok-2/

Pertama kali lihat Angkringan Kapok Lombok ini pas lagi ngelewatin area G-Walk. Diantara deretan tempat makan yang mayoritas menjual chinese food dan western food tempat ini kayaknya kok mencolok gitu. Apalagi judulnya jelas-jelas angkringan, wah keliatannya asik. Saya sudah membayangkan bakal ada macem-macem menu makanan tradisional jawa yang dijual. Makanya tanpa pikir panjang langsung mampir deh.

Untuk kategori ‘angkringan’ jelas ini adalah angkringan ‘mewah’ hahaha 😀  Abisnya tempatnya oke kayak gini, sedangkan angkringan yang biasa saya kunjungi kalau ke Jogja kan bentuknya warung banget gitu trus penerangannya temaram. 
Di bagian dalam tempat makan ada area ala-ala angkringan pinggir jalan lengkap dengan berbagai macam makanan yang ditata dengan rapi.  Pilihan menunya cukup banyak ya. Kita tinggal pilih jenis makanan yang kita mau.
Daftar Menu Makanan
Daftar Menu Minuman

Setelah kita duduk, pelayan akan membawakan daftar menu. Beberapa isinya ada yang tidak terdapat di stall angkringan tadi. Karena saya tadi udah pesen nasi kucing dan botok telur asin ya saya cuma nambah minuman aja, jadi saya pesan es doger. 

Nasi Kucing

Botok Telur Asin
Namanya nasi kucing ya porsinya dikit. Eh tapi ini agak banyakan deh lauknya dibanding nasi kucing biasanya yang rata-rata cuma 1 lauk. Btw, nasi kucing di sini rasanya biasa aja ya. Enaknya standar lah, engga ada yang istimewa. Kalau botok telur asinnya sih saya suka. Rasanya pas engga terlalu asin trus ada sedikit rasa pedes dari bumbu yang dipake. Aroma daun kemangi dan daun pisang sebagai pembungkus juga bikin botoknya makin sedap. 

Trus bagaimana dengan es dogernya ? Hmmm…menurut saya biasa juga ya kalau dibandingkan dengan es doger yang pernah saya minum. Tapi kalau cuma nyari yang manis-manis seger sih es ini lumayan lah. 
Kesimpulannya saya lebih suka sama angkringan yang original 😀 Itu tuh yang bentuknya warung pinggir jalan. Lengkap dengan asap bakar-bakarannya dan tempat duduk panjang yang mepet-mepet. Kayaknya atmosfernya lebih dapet gitu. ^^

]]>
http://rxyzcha.com/2015/06/30/angkringan-kapok-lombok-2/feed/ 0 198
Bakso President Malang http://rxyzcha.com/2015/05/27/bakso-president-malang-2/ http://rxyzcha.com/2015/05/27/bakso-president-malang-2/#comments Wed, 27 May 2015 03:54:00 +0000 http://rxyzcha.com/2015/05/27/bakso-president-malang-2/
Saya memang sudah berkali-kali pergi ke Malang tapi enggak pernah mampir ke sebuah tempat makan yang bernama Bakso President. Padahal kalau kita gugling pake kata-kata kuliner Malang, bakso ini pasti selalu muncul di list pencarian.
Maka dari itu ketika ada kesempatan ke Malang lagi beberapa hari lalu, saya sempatkan diri untuk mampir. 

Tempat makan ini cukup unik deh soalnya terletak persis di pinggir rel kereta api. Rel ini masih aktif dilewati kereta lho, jadi kalau mau menuju tempat makan ini harus noleh kanan-kiri dulu ya. Pastikan tidak ada kereta yang akan lewat baru deh kita menyeberangi rel. Hiyyy..ngeri-ngeri sedap 😀 
Tuhhh..deket bener kan sama rel kereta api. Kalau pas kita lagi makan dan ada kereta api yang sedang lewat maka bergoyanglah seisi warung, termasuk kita hahaha. Sensasinya unik banget deh. 
Menu yang saya pesan adalah bakso komplit. Isinya macem-macem, ada tambahan gorengan dan paru. Buat saya pribadi, enak tidaknya sebuah bakso biasanya saya ukur dari kelezatan kuahnya. Nah, begitu saya sruput kuah dari bakso ini, alamaakkkk….sedap bener. Gurih banget kuahnya, kaldunya terasa dan tidak terlalu berlemak. Gorengan, pentol dan parunya juga empuk. *saya aja sampai nelen ludah waktu nulis ini. 
Oiya, selain itu saya juga pesen bakso bakar. Baksonya ditusuk-tusuk lalu dibakar sebentar trus diberi bumbu kecap. Menu ini juga enggak kalah nikmat lho. 
Aihh..pantesan aja bakso ini terkenal banget. Memang enak banget. ^^
Bakso President
Jalan Batanghari no 5 Malang

]]>
http://rxyzcha.com/2015/05/27/bakso-president-malang-2/feed/ 1 210
Navy Seals http://rxyzcha.com/2015/05/26/navy-seals-2/ http://rxyzcha.com/2015/05/26/navy-seals-2/#respond Tue, 26 May 2015 15:09:00 +0000 http://rxyzcha.com/2015/05/26/navy-seals-2/

It’s new and delish 😀 Resto Navy Seals termasuk baru di Surabaya dan cukup berhasil membuat orang tertarik mencoba. Bagaimana dengan saya? Wohooo tentu saja saya enggak mau ketinggalan donk. Sebagai seseorang pecinta kuliner yang doyan makan jelas saya penasaran 😀
Dan inilah kesan saya saat pertama kali mengunjungi Navy Seals :

Indoor

Resto ini terdiri dari dua bagian, indoor dan outdoor. Kayaknya hampir semua resto jaman sekarang punya konsep begini deh. Mungkin untuk memberi tempat pada konsumen yang ingin merokok tapi tidak menggangu konsumen lain yang bukan perokok.
Pada kunjungan pertama saya ini saya memesan steak burrito. Sebenernya saya asal aja sih milih menu itu, soalnya saya mencuri dengar dari orang yang antri sebelum saya wkwkwk. Dan ternyata menu steak burrito merupakan best seller di Navy Seals.
Steak Burrito

Hadeehh, maapkan saya yah.
Niat hati ingin menampilkan isi dalamnya si burrito tapi malah bleber begini jadinya 🙁 
Tortilla dari burrito ini cukup enak menurut saya. Tebal dan kenyalnya pas, rasanya pun agak gurih. Isian dalamnya  berupa selada, daging sapi yang dipotong dadu, nasi dan bawang bombay. Tentunya sudah dicampur bumbu-bumbu dulu sebelum dibungkus dengan tortilla. Gigitan pertama, saya langsung suka 😀 Enyakkkk.

Oiya burrito ini dilengkapi dengan saus yang terbuat dari campuran bawang bombay dan tomat. Meskipun keliatannya merah tapi engga pedes sama sekali. Rasanya agak asam tapi segar. Senelum menggigit si burrito ini saya selalu mencocolkannya ke saus merah ini. Lagi-lagi enyakkkk 😀
Masih buanyakkk menu-menu lain yang menggoda untuk dicoba. Katanya sih pancake blueberrynya enak. Mexican pizzanya juga terlihat menggiurkan. Tipis dan crunchy. Yuk ah dicoba. ^^
 Navy Seals 
Jalan Sulawesi no 16 -18 Surabaya
(Kalau dari arah Kertajaya, sesudah Mirota dan sebelum pom bensin)

]]>
http://rxyzcha.com/2015/05/26/navy-seals-2/feed/ 0 211
Pipe and Barrel http://rxyzcha.com/2015/05/26/pipe-and-barre/ http://rxyzcha.com/2015/05/26/pipe-and-barre/#respond Tue, 26 May 2015 00:34:00 +0000 http://rxyzcha.com/2015/05/26/pipe-and-barre/
Senangnyaaa ada banyak tempat makan baru yang bermunculan di Surabaya. Salah satunya adalah resto yang bernama Pipe and Barrel. Resto ini didirikan oleh salah satu peserta masterchef Indonesia yang namanya Ken itu lho. *tapi saya lupa sih masterchef yang season berapa
Tuhh ada gambarnya si Master Ken di dinding.

Restonya terdiri dari dua bagian, indoor dan outdoor. Kalau saya sih lebih milih yang indoor ya, soalnya adem pake AC. Buat saya desain interiornya cukup menarik. Dekorasinya modern dengan nuansa kayu-kayu.
Menu disini didominasi western food. Daftar menunya terpampang di chalkboard di bagian belakang kasir. Jadi begitu datang emang harus ke kasir dulu buat pesen en bayar baru cari tempat duduk. 
Ini nih menu yang saya pesan :
Minuman : Lychee Italian Soda
Makanan : Devil Chilli Dog
Lychee Italian Soda
Rasa sodanya memang sudah manis, jadi tidak ada penambahan gula pada minuman ini. Hanya ditambah sama buah leci yang sayangnya cuma sebiji hahaha. Pengennya sih lecinya dua atau tiga gituuu 😀 
Devil Chilli Dog

Meskipun judulnya devil chilli tapi buat saya rasanya engga pedes deh. Eh tapi meskipun engga terlalu pedes rasanya enak banget. 
Rotinya kering dan kenyal. Tekstur kulit luarnya ada crunchy-crunchynya gitu.
Saus krimnya saya juga sukak. Manis dan gurihnya pas jadi enggak bikin eneg.
Di dalamnya ada sebuah sosis yang berukuran cukup besar. Sosisnya padat dan rasanya mantap.

Makanan ini juga dilengkapi sama keripik. Menurut saya sih keripik singkong ya hehehe. Tapi jangan bayangkan kayak keripik yang dijual-jual di pinggir jalan atau di pasar ya. Keripik ini lebih tebal dan rasanya lebih mantap. Ada bumbu-bumbu khusus yang dipakai sehingga membuat keripik ini punya rasa yang menarik. Gurih jaya ! 😀

Enggak nyesel deh waktu pertama kali mampir ke resto ini. Saya sudah memastikan diri akan ada kunjungan-kunjungan saya selanjutnya. Dan tentu saja akan saya buat lagi postingannya. ^^


Pipe and Barrel
Jalan Polisi Istimewa no. 22 Surabaya
(Seberangnya SMA St. Louis) 



]]>
http://rxyzcha.com/2015/05/26/pipe-and-barre/feed/ 0 212