Peralatan MPASI Rex

Yuhu moms kalau dilihat-lihat sekarang ini peralatan untuk mendukung MPASI banyak banget ya di pasaran. Mana bentuknya lucu-lucu pula. Tapi sebenernya kalau mau diperhatikan ternyata enggak semuanya kita butuhkan lho. Kalaupun dibeli paling-paling karena lapar mata kan. Ngaku deh. Saya juga gitu kok. Bihihik.

Setelah 3 bulan Rex menjalani masa MPASI, saya jadi tahu mana aja peralatan yang benar-benar saya butuhkan. Btw, barang-barang lain yang terlanjur kebeli dan enggak kepake jadi nganggur deh. Huhuhu. Sayang juga sih. Ntar lah saya pikirin lagi biar bisa dipake buat apa gitu.

Nah kalau untuk produk yang saya pakai saya jembrengin disini yak satu-satu.

 

Baby Safe Steamer Blender

Sebenarnya saya udah punya panci kukusan dan blender. Cuma saya mikirnya kukusan udah saya pakai untuk pepes ikan. Mana bumbunya sering pedas banget. Ya emang hilang sih kalau dicuci tapi kan nanti kalau saya mau ngukus buah gimana? Saya lebih nyaman kalau menggunakan alat yang berbeda. Makanya saya beli produk ini. Selain itu Baby Safe ini praktis banget. Setelah proses mengukus selesai bisa langsung diblender tanpa harus memindah tempat. Tinggal putar tombolnya kekiri yang ada tulisan ‘blend’ itu. Jadi deh makanannya.

Ada yang menganjurkan untuk tidak menggunakan blender saat mengolah MPASI agar kelak tidak susah naik tekstur. Cuma kalau menurut saya tergantung sih. Kalau butuh agak kasar ya mblendernya jangan kelamaan. Sebentar-sebentar aja. Tapi kembali lagi ke masing-masing ya peralatan mana yang membuat nyaman.

 

 

Takahi Slow Cooker (0.7 L)

Ini holy grail buat saya. Hahaha. Waktu awal-awal MPASI saya lebih sering mencemplungkan semua bahan makanan lalu tinggal tunggu mateng. Tekstur makanan yang dihasilkan alat ini lembut banget jadi nanti gampang disaring

BACA : Contoh Resep MPASI Bubur Daging

Kalau sekarang kadang saya masaknya suka terpisah terutama yang berkuah-kuah, seperti sup ayam atau sup ikan. Kalau masak lauknya di panci terpisah slow cooker ini saya pakai untuk masak bubur nasi/nasi tim. Praktis deh. Tinggal tuang beras yang bersih lalu tambah air agak banyak jadi lah nasi timnya. Kadang kan kalau bikin nasi tim di panci lama ya prosesnya. Mesti diaduk-aduk terus. Pegel ah.

 

 

Ikea Pruta & Tupperware Petite Fiesta

Ini adalah wadah untuk menyimpan bahan-bahan makanan mentah untuk MPASI. Saya pisah per porsi supaya enggak buka tutup wadah. Oya selain itu juga untuk menyimpan kaldu.

Wadah ini sebenernya ada banyak ya, untuk Ikea Pruta ada 17 pcs sedangkan yang biru adalah Tupperware Petite Fiesta, ada 9 pcs. Enggak saya foto semua memang soalnya yang lain lagi dipakai.

 

 

Sendok Makan dari Philips Avent, Nuby dan Munchkin

Waktu Rex umur 6 bulan mangapnya masih belum terlalu lebar jadi sendok dari Philps Avent berguna banget. Besarnya pas untuk mulut Rex. Cuma Sendok dari Philips Avent itu keras ya. Kalau yang Nuby dan Munchkin lentur. Kalau sekarang sih Rex pake sendok apa aja bisa. Mangap terus kalau disodorin sendok hahaha.

 

 

Sippy Cup Dr Brown’s

Corong pipih dari produk ini terbuat dari slicon jadi enggak keras. Terus ada anti spill (anti tumpah) yang benar-benar bekerja sempurna. Enggak akan keluar kalau enggak dihisap, jadi aman untuk bayi yang belajar minum dari peralihan dot ke gelas.

Sampai sekarang Rex belum terlalu canggih sih minum pakai ini. Masih suka nolak-nolak. Cuma tetap saya coba terus.

 

 

Dr Brown’s Tooth and Gum Wipes

Berhubung Rex makanannya udah macem-macem dan tinggi protein jadi kebersihan mulutnya harus dijaga. Dulu kalau membersihkan gigi/gusinya Rex saya cuma pake sikat gigi bayi doang. Cuma kalau sekarang sikat gigi aja enggak cukup ya. Harus ada pasta giginya supaya makin bersih, tapi sampai sekarang saya belum beli pasta gigi bayi yang bisa ditelan. Kalau enggak salah ada deh, jadi setelah gigi/gusinya disikat tinggal minum untuk membersihkan mulut.

Sementara saya pakai tisu basah khusus dari Dr Brown’s. Tisu ini mengandung xylitol yang efektif untuk membersihkan gigi/gusi bayi dan aman.

 

Mangkuk Makan dan Saringan Kawat

Enggak ada fotonya hahahaha.

Mangkuk makan untuk Rex saya enggak ada yang khusus ya, pakai apa saja bisa sih. Kebanyakan dari kado. Kalau makanannya pakai kuah biasanya penyajiannya saya pisah di dua wadah. Biar enggak bikin bubur nasinya jadi blenyek kalau terendam kuah terlalu lama.

Kalau untuk saringan saya pakai saringan kawat. Modelnya ya standar aja. Di toko pasti banyak. Enggak bakalan lah susah nyari saringan kawat. Hahaha.

 

Kalau dilihat enggak banyak kan peralatan MPASI untuk Rex. Untuk sementara barang-barang yang sebutkan di postingan ini udah cukup sih untuk mendukung proses MPASI Rex. Mungkin nanti kalau Rex sudah agak besar baru deh saya beli peralatan makan lagi. Kalau sudah agak besar kan dia udah ngerti ya piring, mangkuk atau sendok dengan berbagai macam karakter kartun. Biar di makin semangat makan.

Sip.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *