My Baby’s Essentials

Punya bayi dengan kulit halus, sehat dan terawat adalah dambaan setiap ibu, betul apa betul ? Maka dari itu berbahagialah wahai kalian para ibu yang punya bayi dengan kulit mulus.

Anak saya, Rex, punya kulit yang sensitif dan gampang kering. Digigit nyamuk aja efeknya kayak digigit serangga beracun. Kulitnya langsung bentol guede dan merah. Padahal perasaan kalau digigit nyamuk bentolnya enggak gitu-gitu amat. Terus bekas gigitan nyamuknya  lama banget hilangnya. Seminggu lebih baru kulitnya kembali normal. Hedeh.

*Belakangan baru saya ketahui kalau kulitnya yang sensitif itu ada faktor turunan juga. Kakak ipar saya juga begitu. Kalau ada luka di kulit butuh waktu lama untuk menghilangkan bekasnya.

Terus selain punya kulit yang sensitif ternyata Rex juga punya alergi. Jadi waktu usia Rex sekitar 2 bulan tiba-tiba muncul ruam merah di kedua pipinya (cerita lengkapnya di sini). Selain merah, tekstur kulitnya jadi kasar dan mengelupas. Sebagai perempuan yang peduli dengan kesehatan kulit dan suka mainan skincare jelas dong saya panik. Apa kata orang coba, emaknya punya blog yang membahas skincare masa anaknya mukanya kacau ? #eaaa.

Enggak ding.

Paniknya lebih karena saya emak newbie, jadi saya masih amatir. Belum punya pengalaman soal gangguan kulit pada bayi.

Rex sih enggak merasa terganggu dengan ruamnya. Sepertinya tidak gatal karena Rex tidak pernah menggaruknya. Cuma kulitnya kan jadi jelek. Mana di bagian keningnya juga kering mengelupas meskipun enggak merah.

Maka dari itu sekarang saya lebih selektif memilih produk perawatan kulit untuk Rex. Selain krim yang direkomdasikan oleh dokter untuk ruam di pipi, saya juga mulai mengganti beberapa produk untuk Rex.

Lalu apa saja produk yang saya gunakan ?

Berikut ini adalah beberapa produk yang saya gunakan untuk merawat kulit Rex sehari-hari :

Cetaphil Baby Gentle Wash and Shampoo. 

Sebenarnya sebelum Cetaphil Baby, saya menggunakan sabun mandi yang ada embel-embelnya organik untuk Rex. Cuma kali ini saya mau coba ganti dengan merk lain. Selain karena saran dari dokter sebenernya dari dulu saya udah sempet kepikiran sih mau coba merk ini.

Diklaim bahwa Cetaphil Baby Gentle Wash and Shampoo ini tear free, soap free, hypoallergenic dan pH balanced.

Memang iya sih, yang namanya produk mandi untuk bayi itu rata-rata tidak pedih di mata. Selain itu ternyata produk ini menghasilkan busa yang lembut. Padahal awalnya saya kira sama sekali enggak ada busanya. Kayak Cetaphil Cleanser yang pernah saya pakai dulu (review di sini ). Terus Cetaphil Baby ini  aromanya juga menyenangkan. Segar dan tidak menyengat. Wangi khas bayi lah. Untungnya bukan aroma obat.

Buds Organics Infant Cream. review di sini )

Sejak lahir sampai dengan sekarang, Rex pakai krim ini di tangan dan kakinya. Wanginya lembut dan krimnya cepat diserap kulit. Enggak ada rasa lengket sama sekali. Mampu menjaga kelembapan kulit bayi dalam waktu lama. Biasanya saya oleskan 2 kali sehari setiap Rex habis mandi

Atopiclair Cream. review di sini )

Ini adalah krim untuk ruam di pipi Rex yang diresepkan oleh dokter. Krimnya teksturnya enggak terlalu pekat dan gampang diserap kulit jadi enggak pliket. Btw, krimnya adem. Bukan adem seperti kena alkohol tapi adem yang menenangkan.

Dalam sehari krimnya dioles sebanyak 3 kali di bagian ruamnya. Selain di pipi saya juga oleskan di bagian-bagian wajah yang kering. Efeknya cukup cepat terlihat. Dalam 4 hari selanjutnya ruam di kedua pipi Rex jauh berkurang dan tekstur kulitnya menjadi lebih halus.

Cussons Baby Diaper Rash Cream.

Meskipun kulit Rex sensitif tapi untuk ruam di area popok terhitung jarang. Sampai saat ini di usianya 5 bulan dia hanya beberapa kali mengalami ruam popok. Itupun hanya di dekat lipatan paha. Kalau sudah mulai memerah biasanya saya langsung kasih krim dari Cussons ini. Cuma dua hari ruamnya langsung hilang. Sebenarnya lebih bagus lagi kalau krim ini dioleskan tiap ganti popok tapi kadang-kadang saya suka kelupaan. Hedeh. Abisnya Rex kalau lagi diganti popok tingkahnya ampun dah banyak bener. Kaki nendang kesana kemari, jadinya saya harus cepet-cepet masang popoknya.

Young Living Essential Oil (YLEO) ‘Thieves’review di sini )

Sebenernya produk ini bukan termasuk perawatan kulit sih tapi karena sudah jadi rutinitas ya sekalian aja saya tuliskan di sini. Saya selalu mengoleskannya YLEO di telapak kaki Rex tiap habis mandi pagi dan sore. Hasilnya kesehatan Rex selalu terjaga. Produk ini harganya memang cukup mahal tapi khasiatnya udah terbukti. Enggak cuma untuk Rex tapi untuk saya dan suami juga. Review lengkapnya bisa dibaca di link yang saya kasih.

Sejauh ini semua produk yang saya tuliskan di atas cocok untuk kulit Rex tapi tidak menutup kemungkinan kalau ada produk yang lebih oke lagi saya akan beralih.

Kalau Moms, produk apa yang dipake untuk anaknya ?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *