COSRX BHA Blackhead Power Liquid

Saya punya tipe kulit yang cenderung berminyak, pori-pori besar dan gampang banget komedoan. Kayaknya rata-rata tipe kulit perempuan Indonesia begitu ya. Saya sering dapat keluhan tentang kulit muka yang berminyak yang bahkan efeknya bikin make up susah nempel. Kalaupun nempel bakal meleleh dalam beberapa jam, atau paling enggak muka jadi mengkilat gitu deh.

Iya sih emang gampang-gampang susah punya kulit yang cenderung berminyak. Di satu sisi cukup menguntungkan karena jadi enggak gampang keriput, tapi di sisi lain banyak masalahnya. Selain make up yang susah nempel tadi, pori-pori kulit juga biasanya besar, gampang tersumbat, muncul komedo terus berakhir dengan jerawat.

Dari semua permasalahan kulit berminyak, saya paling sebel sama yang namanya komedo, yang dikenal juga dengan istilah blackhead. Komedo terjadi jika ada penyumbatan pori oleh lemak dan kotoran lalu teroksidasi sehingga warnanya menghitam. *eewww.

Biasanya mbersihinnya dengan cara dipencet. Buat yang suka mencetin komedo jujur aja deh, ada keasyikan tersendiri kan kalo komedonya berhasil keluar. Hayo ngakuu… Tapi masalahnya kalau cara mencetnya enggak bener dan enggak higienis biasanya malah timbul masalah baru. Kulit bisa teriritasi trus infeksi trus malah timbul jerawat T__T

Trus harus gimana dong?

Nah salah satu solusinya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung BHA. Kandungan BHA memang ditujukan untuk tipe kulit yang berminyak, gampang komedoan dan berjerawat.

Saya akhir-akhir ini lagi suka sama COSRX BHA Blackhead Power Liquid untuk perawatan kulit muka sehari-hari.

Kenapa?

Hmm sebelum saya bahas kenapa saya suka sama produk ini, mari kita telaah dulu produk ini lebih dalam. #halah telaah.

 

20160812_082653_Richtone(HDR)

 

 

20160812_083106

 

 

20160812_082739_Richtone(HDR)

 

Diklaim bahwa produk ini terbukti secara klinis dalam mengurangi komedo, sebum serta dapat melembapkan kulit.

Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam produk ini adalah :

  • Salix alba (willow) bark water,
  • Butylene glycol
  • Betaine salicylate (4%)
  • Biacinamide
  • 1,2-hexanediol
  • Arginine
  • Panthenol
  • Sodium hyaluronate
  • Xanthan gum
  • Ethyl hexanediol 

Meskipun produk ini judulnya BHA tapi enggak pake salicylic acid. Pakainya adalah betaine salicylate yang lebih lembut dan lebih ramah untuk kulit yang cenderung sensitif.

 

20160812_083207

 

Produk ini dilengkapi pump untuk mengeluarkan isinya. Tekstur isinya cair, bening dan agak licin-licin gimana gitu. Kalau dari segi aroma sih enggak ada bau-bauan yang menyengat menurut saya.

Cara pakainya tinggal di taruh di kapas trus tepuk-tepukkan secara merata ke kulit muka. Biasanya saya tepuk-tepukkan agak lama di daerah ujung hidung, biar produk yang nempel lebih banyak dikit. Soalnya di area situ komedo saya ampun deh banyaknya.

Pada skincare routine saya, COSRX BHA Blackhead Power Liquid ini posisinya adalah sebagai exfoliating toner. Maka dari itu pemakaiannya jangan single use. Harus diikuti dengan produk lain yang melembapkan.

Kalau cara pakai saya adalah setelah membersihkan muka saya mengaplikasikan produk ini lalu diikuti dengan pre-serum – hydrating toner – serum – emulsion dan terakhir krim pelembap.

Kalau skincare routine kalian lebih simpel juga enggak papa. Yang jelas cosrx bha ini jangan dipakai sendirian. Harus diikuti produk lain yang melembapkan karena sifat eksfoliasinya bisa bikin kulit terasa kering.

Oya, kalau udah pakai produk ini jangan dicampur juga sama produk eksfoliasi yang lain. Entar bikin kulit muka malah tipis dan iritasi.

Bagaimana efeknya di saya ?

Setelah hampir 1 bulan eh iya lho, komedo saya berkurang tanpa saya harus sibuk pencet-pencetin. Kalaupun ada satu dua itupun gampang dikeluarkan.

Kalau penampakan pori-pori sih kayaknya enggak terlalu berkurang banyak ya, tapi terlihat lebih bersih.

Kulit saya juga terasa lebih halus dan lembut karena sel-sel kulit matinya terkikis. Sepertinya betaine salicylate (4%)-nya berefek cukup bagus di saya. Cukupan lah.

Sebelum saya pakai COSRX BHA Blackhead Power Liquid, produk BHA yang saya pakai adalah Benton Aloe BHA Skin Toner (review di sini). Tapi sepertinya kandungan aloe-nya lebih banyak dibanding BHA-nya jadi efek eksfoliasinya kurang terasa. Cuma terasa lembapnya aja.

Secara keseluruhan saya cukup puas dengan COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Berhubung baru 1 bulan pakai produk ini saya belum kepikiran untuk ganti ke merk lain. Entah ya kalau besok-besok saya nemu produk lain yang lebih menggiurkan AHAHAHA.

Oya produk ini bisa dibeli di onlen-olen shop dengan kisaran harga IDR 200-230 ribu. Harganya affordable banget menurut saya soalnya isinya 100 ml. Pemakaiannya pun enggak boros.

Dengan perawatan yang tepat, kulit berminyak pun bisa terlihat sehat dan terawat. Kandungan minyak di wajah pun lebih terkontrol. Make up jadi lebih tahan lama nempel di kulit.

Silahkan buat yang tertarik mencoba 😀

 

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Nina

    Thx reviewnya pengen beli jdi liat review. Skrg gw pake benton BHA skin toner. Tpi pngen gnti ke cosrx krn komedo msh bxk. Sbnrx pake benton agak brkurang tapi blm maksimal. Anw saya pake juga cosrx aha 7 whitehead. Beli yg asli dmn ya bisa di email klo gak mau dpublish 🙂

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  2. dena

    halo mbak saya baca dr comment diatas mbak pakai product ini 2 kali seminggu aja, nah berarti untuk hari yg gak pake product ini, mbak pake exfoliating toner yg lebih light atau skip proses exfoliating? hehe terima kasih.

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *