Baby and Kids

Angel Sounds Fetal Doppler

 Salah satu cara untuk mengetahui kesehatan janin di dalam kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Biasanya tiap kontrol akan dilakukan pemeriksaan dengan USG untuk melihat perkembangan janin. Paling suka deh kalo pas sesi USG, soalnya si janin kan lucu bisa keliatan gerak-geraknya. Belum lagi kalo pas ndengerin detak jantungnya. Jedug..jedug..jedug…banter banget woi.
Buat ms.preggie macam saya ngeliat si janin plus ndengerin detak jantungnya itu bikin nagih. Ngangenin gitu lah. Makanya kalau pas sehari-hari di rumah saya suka penasaran…
Si baby lagi apa yak?
Dia sehat enggak?
Detak jantungnya normal enggak ?
Gimana ya kalau saya pengen ndengerin?
Masak harus seminggu sekali ke dokter buat USG?
Trus akhirnya saya inget, dulu saya pernah baca suatu artikel tentang alat untuk mendengarkan detak jantung janin yang bisa dipake di rumah. Cuma saya lupa merknya apaan. Pas gugling-gugling lagi ternyata saya nemuin beberapa merk fetal doppler yang beredar di pasaran. Akhirnya saya putuskan untuk beli Angel Sounds Fetal Doppler. Pertimbangannya sih harga yak, terjangkau banget. Sekitar IDR 400-500 ribuan.

 

Secara umum semua fetal doppler bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Sinyal dari gelombang itu menginterpretasikan apa yang terjadi terhadap organ tubuh seperti aliran darah dan detak jantung.

Angel Sounds fetal doppler ini cara kerjanya mirip sama yang dipake oleh praktisi kesehatan kandungan di klinik atau rumah sakit,  hanya saja ukurannya lebih kecil dan sinyalnya lebih rendah. Cukup lah kalau untuk pemakaian pribadi di rumah atau dimana saja.

 

20160412_152347

 

20160414_084414

 

Cara pakainya gimana ?

Pertama pasang dulu batereinya. Di dalam kardusnya sudah ada baterei bawaan, tapi menurut saya daya nya kurang yah. Udah abis dalam jangka waktu 2 mingguan kalo enggak salah. Jadi mending beli baterei sendiri yang kualitasnya bagus.

Untuk mendengarkan detak jantung janin, pasang headset bawaannya. Bisa juga sih pake headset sendiri. Trus olesi dulu perut dengan menggunakan gel atau oil untuk memudahkan pergerakan alat biar enggak seret. Berhubung saya enggak punya gel, saya pakai almond oil yang biasa saya pakai.

Harus sabar ya dalam mencari detak jantung si janin. Kalau si janin posisinya lagi bagus bisa langsung kedengeran. Jedug..jedug..jedug gitu. Tapi kalo si janin pas lagi muter-muter ya jadi agak sulit.

Oya, selain detak jantung kita juga bisa mendengarkan pergerakannya lho. Misalnya waktu dia menggerak-gerakkan tangan dan kakinya. Bunyinya blukutuk..blup..blup. Mirip kayak kita kalau lagi menendang di dalam air. HIHIHI lucu deh.

Jadi jangan senewen dulu ya kalau belum ketemu detak jantungnya si janin. Suara blukutuk tadi bisa jadi pertanda dia lagi muter-muter di dalam rahim. Itu tandanya si janin aktif yang artinya dia sehat.

Oya selain headset alat ini juga dilengkapi kabel data. Bisa dicolokkan ke laptop/komputer trus suara detak jantung si janin direkam. Cuma sampai saat ini saya belum nyoba merekam sih.

Untuk saya pribadi alat ini cukup membantu ya. Selain mengontrol keadaan si janin kapan aja, alat ini juga bisa jadi obat kangen. HAHAHA. Seru lho ndengerin apa yang terjadi di dalam rahim. Ya memang sih enggak bisa liat secara visual kayak kalo USG di klinik atau rumah sakit. Cuma paling enggak dari suara yang ada kita bisa membayangkan keadaannya.

Can’t wait to see u baby……

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *