Perawatan Wajah

Sheet Masking Routine

 Diantara semua jenis masker, saya paling suka yang jenisnya sleeping mask dan sheet mask. Alasannya cuma satu, yaitu praktis !. Saya kan orangnya suka malesan jadi kalau masker yang jenisnya wash off saya kurang tertarik. Hmm..ribet ah. Tapi meskipun begitu saya juga ada sih masker yang wash off, macam Menard Clay Pack dan Glam Glow. Cuma jarang saya pakai. Ya itu tadi, belum-belum dah males duluan. HEHEHE. Ya udahlah lah yaaa, makanya kita bahas aja yang sheet mask dulu. Yang jenisnya wash off saya bahas lain kali. Ok ?.

Di postingan kali ini saya akan cerita tentang rutinitas sheet masking yang biasa saya lakukan. Sheet masking atau nemplokin masker berbentuk lembaran ke wajah adalah salah satu cara saya untuk berelaksasi. Istilah kerennya adalah ‘Me Time’. Me time dengan maskeran selain bikin hati tenang juga bikin kulit wajah jadi senang. Soalnya kulit serasa ‘disuapin’ berbagai makanan yang bernutrisi. Hasilnya kulit  jadi terlihat sehat dan terawat. Ya kaannn…

Ada beberapa merk sheet mask yang jadi koleksi saya. Yang saya posting kali ini hanya beberapa diantaranya. Masker-masker ini memang masker yang sering saya pakai dan beberapa kali repurchase, soalnya murah. Meskipun murah tapi cukup enak menurut saya.

 

The Face Shop Real Nature
1. Lemon
Diperkaya dengan ekstrak lemon yang memiliki sifat mencerahkan kulit dan memberikan tampilan yang flawless.
2. Acai Berry
Acai Berry dapat membuat kulit menjadi lembut dan kencang. Sebagai antioksidan yang kuat dan memiliki sifat menyegarkan sehingga cocok untuk kulit yang lelah.
3. Rice.
Memiliki sifat mencerahkan, ekstrak dari beras membantu mengurangi tampilan penuaan di area wajah.

The Face Shop Real Nature
1. Lotus
Mengandung 1000 mg ekstrak bunga lotus yang. Melembapkan kulit yang terlihat lelah dan kasar.
2. Calendula
Mengandung 1000mg ekstrak bunga calendula yang berguna untuk menenangkan kulit, mengatasi sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lembut.
3. White Tea
Mengandung 1000mg ekstrak daun teh hijau muda yang dapat membantu mencerahkan kulit.

 

Nature Republic
1. Aloe
Ekstrak aloe meredakan kulit yang teriritasi dan membuat kulit terasa lembut.
2. Rose
Ekstrak bunga mawar melembapkan dan merevitalisasi kulit.
3. Avocado
Mengatasi kulit yang dehidrasi dengan memberikan kelembapan yang lebih.
Hal yang saya suka dari kedua merk sheet mask diatas adalah lembaran maskernya cukup tebal. Buat saya yang orangnya suka grusa-grusu, tekstur seperti itu membantu banget, jadi maskernya enggak gampang robek waktu saya pasang di wajah.
Kalau soal khasiat secara khusus per varian, menurut saya sih semuanya hampir mirip-mirip yak. Soalnya saya enggak pernah pakai 1 varian terus-terusan, seringnya saya gonta-ganti. Tergantung hari itu pengen pake yang mana. Cuma yang jelas semua varian diatas memberikan kelembapan ekstra untuk kulit sehingga kulit terasa kenyal dan kencang. Selain itu wanginya menyenangkan, bikin badan bener-bener rileks.
Saya melakukan sheet masking pada malam hari. Sebelum nemplokin maskernya ke muka, ada beberapa step yang selalu saya lakukan, yaitu :
 
1. Cleansing
Memastikan wajah benar-benar bersih agar seluruh produk skincare bisa terserap dengan baik.
2. Acid toning
Untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.
3. Pre Serum
Sebagai booster agar serum yang akan dioleskan setelahnya dapat terserap lebih baik.
4. Hydrating toner
Menyegarkan dan melembapkan kulit.
5. Serum
Untuk memberikan nutrisi ekstra pada kulit.
6. Ampoule
Teksturnya sedikit lebih kental dibanding serum. Fungsinya juga untuk memberikan nutrisi pada kulit.
7. Facial oil
Biasanya saya pakai 2-3 tetes yang saya campurkan lebih dulu dengan evian water.
8. Sheet mask
Setelah semua step diatas selesai baru saya pasang sheet masknya di wajah. Saya agak tekan-tekan sedikit supaya lebih menempel. Selain itu sheet mask tersebut juga mendorong semua skincare yang saya oleskan sebelumnya supaya lebih masuk ke kulit.
Biasanya tertulis pemakaian sheet mask sekitar 15-20 menit, tapi kalau saya sampai 1 jam. Soalnya kandungan nutrisi pada sheet mask biasanya beberapa kali lebih banyak daripada serum. Kalau serum kan sekali pakai cuma 2-3 tetes, makanya sheet mask yang kandungannya lebih ‘rich’ sekali pakainya saya templokin lebih lama. Sayang ah kalau kecepetan. Masak sheet masknya masih basah udah dicopot trus dibuang. Rugi dong. HAHAHA. #pelit
9. Emulsion
Setelah 1 jam, sheet mask saya lepas lalu wajah saya tepuk-tepuk perlahan untuk membantu penyerapan ke kulit. Setelah itu saya mengoleskan emulsion.
10. Cream
Terakhir saya menggunakan krim malam untuk mengunci semua kelembapan dari produk-produk skincare yang sudah saya pakai.
Setelah semua tahapan selesai saya tidur. Begitu bangun keesokan paginya kulit saya jadi lembuuttt, lembaaap dan kenyaallll. Enaknya pakai banget. Beneran deh. Biasanya rutinitas sheet masking saya lakukan seminggu 2x. Tapi pernah suatu waktu kulit saya lagi dehidrasi parah. Bruntusan, kasar dan berminyak banget. Akhirnya saya gempur pake tahapan sheet masking diatas, seminggu 3x. Abis gitu kulit langsung balik normal. Makanya untuk saya pribadi rutinitas sheet masking itu penting.
Coba deh mulai sekarang kalian juga membiasakan diri untuk maskeran. Soal metode dan masker apa yang dipakai silahkan dipilih sesuai kebutuhan masing-masing ya. Kalau punya kulit yang sehat kan situ juga yang seneng. Si dia juga ikut bahagia. #eh.

You may also like...

9 Comments

  1. Wah, sama! Sheet mask juga favorit kuu.. dan the face shop salah satu fav ku juga. Sudah pernah coba sheet mask my beauty diary? Itu recommended juga loh 😀

    1. iyaa, enakk yaa kalo abis pake sheet mask. Aku blm pernah coba yang merk itu, kalo gtu ntar ak coba deh..makasih masukannya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *